Jumat, 25 Agustus 2017

Bukit Sleker Asri; Wisata Baru Hutan Pinus Magelang

Salah satu objek wisata yang belum lama ini saya datangi adalah Bukit Sleker Asri. Mulanya, dalam rangka halal bi halal kami sekeluarga mengunjungi rumah budenya Abi di daerah Soropaten, Bandongan, Magelang. Rumah yang terletak dekat sawah membuat adik-adik saya tertarik untuk mengeksplor sawah. Jadilah Ibu, saya, dan adik-adik berjalan ke sawah dekat rumah yang kami kunjungi sementara Ayah masih mengobrol dengan budenya. Maklum, di Bogor kami tidak tinggal di daerah persawahan. Sampai di sawah, kami disguhkan pemandangan yang indah memanjakan mata. Termasuk sekumpulan pohon pinus yang berjejer rapi yang terihat dari kejauhan.

itu yang padat berdempet-dempet di tengah pohon pinusnya waktu dilihat dari kejauhan

Selesai mengeksplor sawah, Ayah mengajak kami mengunjungi Bukit Sleker Asri. Dari budenya Ayah, kami jadi tahu kalau Bukit Sleker Asri itu serupa dengan hutan pinus. Saat beberapa hari setelah idul Fitri lalu tempat wisata ini baru 4 bulan dibuka. Karena ternyata letaknya cukup dekat, maka kami sekeluarga dadakan memutuskan untuk mengunjunginya. Sayang, tempat ini belum bisa diakses oleh kendaraan umum di Magelang.

Kalau ditempuh dari pusat kota Magelang, Bukit Sleker Asri dapat dicapai setelah kira-kira memakan waktu sektar 30-40 menit menggunakan kendaraan pribadi. Arahnya kalau dari tugu Pasar Bandongan belok kanan, lalu setelah lapangan kecamatan lurus. Setelah tanjakan ambil kiri arah SMAN 1. Lurus terus dan setelah jembatan belok kanan, lurus terus lalu sampai. Sebagai tempat wisata baru, area parkir kendaraannya tidak cukup luas dan sehingga agak sulit bagi mobil. Namun jangan khawatir, ada petugas parkir yang siap memandu dan  membantu kelancaran parkir.

Mendekati lokasi, kami baru tahu kalau Bukit Sleker Asri ini merupakan pepohonan pinus yang kami lihat sebelumnya di sawah. Tempat wisata ini mematok harga tiket masuk sebesar 4.000 per pengunjung (harga akhir Juli 2017). Di sini, pengunjung dapat melihat hutan pinus yang telah dipasangi beberapa bangku-bangku untuk bersantai dan area-area untuk aktivitas bermain anak. Tidak ketinggalan juga, gapura bunga, hiasan-hiasan gantung. dan payung-payung yang sengaja didesain sebagai spot foto. Kita juga bisa melihat kejauhan dari gardu pandang dan bisa bersantai di hammock-hammock yang tersedia.


Di Bukit Seker Asri terdapat juga arena-arena yang biasa digunakan untuk outbond seperti flying fox, jalan di tali, dan lain sebagainya. Waktu saya berkunjung ini, saya terpikir bahwa tentu seru dan asyik jika tempat ini digunakan sebagai lokasi family gathering. Apalagi saat mudik begini. Karena selain lokasinya yang sejuk, daerah yang tidak dipasangi wahana juga masih cukup luas untuk menggelar tikar, bersantai, mengobrol, makan bersama, bermain game keluarga dan juga menikmati arena-arena bermain yang ada di tempat wisata ini. Suasana yang rimbun dan teduh membuat betah berlama-lama sambil melihat pepohonan pinus yang tinggi sembari bercengkrama bersama keluarga. Anak-anak pun bisa lebih intens berinteraksi fisik di lingkungan bebas. Sayangnya mudik kemarin keluarga besar belum sempat melaksanakan. Semoga kumpul keluaga berikutnya bisa dilaksanakan. Aamiin.

Banyak spot menarik yang sayangnya kemarin belum sempat tertangkap kamera (baru sadar waktu sudah pulang). Kayaknya saya keburu terpesona sama dekorasi tempat wisatanya, hehehe. Tapi tenang, buat teman-teman yang penasaran dengan foto-foto yang lebih menarik bisa cek langsung IG-nya Bukit Sleker Asri di sini.

#KelasNgeblogSeru2 #NgeblogBersamaNaqiyyahSyam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar