Sabtu, 25 November 2017

Bekal

Belakangan, karena pintu belakang yang biasanya dijadikan pintu masuk utama di Badr ditutup untuk perluasan ruang, pintu depan dijadikan pintu utama akses keluar masuk. Dan karena meja tempat tim di mana saya berada ada di ruang depan, saya jadi sering banget ngelihat datang dan perginya orang-orang. Dan belakangan, yang menyita perhatian saya (secara tidak sengaja) adalah bekal.

Sebagai generasi anak sekolah asrama dan anak kuliah yang tidak mukim di rumah 10,5 tahunan, terakhir bawa bekal itu waktu SD. Dan itu pun nyaris nggak pernah nasi kayaknya karena saya dulu sih sok idealis pinginnya makan nasi itu anget. Jadi daripada nasi dingin mendingan bekal roti saja. Jadilah perbekalan jaman SD itu nyaris nggak pernah nasi.

Kemudian suatu ketika beberapa saat setelah wisuda saya ada agenda di Jakarta, Ibu saya bawain bekal. Rasanya aneh banget bawa bekal, wkwkwk. Selama SMP-SMA makan siang selalu ambil dari ruang makan. Selama kuliah juga nggak bekelan.

Waktu yang tadi ke Jakarta itu, awalnya rasanya aneh. Kayak, apa ni aku bawa kotak makan isi bekal. Biasanya kalau lagi libur kuliah dan adik-adik masuk sekolah, ngeliat sih mereka dibawain bekal sama Ummi. Apalagi Fafa (yang karena pingin ngerasain sekolah naik angkot) sekolahnya jauh jadi ga sempet sarapan dan sarapannya pun di sekolah. Bekalnya combo buat sarapan sekaligus makan siang.

Tapi sejak di Badr dan mukim di rumah, jadi tahu rasanya bawa bekal, hampir setiap hari. Tau Ummi nanyain pagi-pagi mau bekal apa. Tau gimana Ummi nyiapin bekal adik-adik. Tau rasanya nyiapin bekal sendiri atau disiapin. Tau rasanya bingung nakar nasi karenaa lebbar piring dan kotak bekal itu dimensinya beda wkwk. Tau rasanya bingung bekal apa ya hari ini. Tau perasaan gemesnya ketika udah nyuci cucian piring kotor rumah tapi kotak bekal sendiri lupa dicuci karena lupa ngeluarinnya.

Dan ketika posisi pintu masuk Badr jadi di depan kalau pas kebetulan datang pagi dan melihat orang-orang berseliweran masuk dan membawa tas tambahan yang isinya bekal. Ada yang di tas khusus bekal, di tas tenteng, atau yang di kantong keresek. Sampai suatu hari saya mengamati orang-orang masuk merasa terharu aja gitu. Bekal yang dibawa dari rumah seperti menyampaikan pesan kasih sayang dari rumah. Pesan yang menjaga yang membawanya, dalam bentuk makanan. Sesuatu yang diharapkan bisa menghilangkan rasa lapar yang membawanya. Sesuatu yang disiapkan ibu atau istri (atau diri masing-masing) dengan perasaan kasih sayang yang tertitip di dalam makanan itu. Rasa haru ini suka muncul saat liat orang bawa, sampai saya sesekali ngerasa terharu lagi waktu lihat orang makan pakai kotak bekalnya :')

Ehe, gatau kenapa, suka merhatiin hal kecil kayak gini. Mungkin ini salah satu ciri introvert person.

2 komentar: