Senin, 13 November 2017

Oleh-oleh FDII

Sudah lama sekali rasanya nggak model-model yang habis ikut sesuatu terus share ke blog, ehehe.
Tapi momen FDII 2017 kemarin rasanya spesial sekali :")

I gain many inspirations and bunch of feelings there. Sejak masuk di gedung perpusnas, melihat para panitia yang dresscodenya adalah celemek bertuliskan "Penjaga Mimpi", dan melihat banyaaak sekali anak-anak di sana. Beserta ayah bundanya :") Rasanya terharu sekali, nggak cuma karena liat anak-anak dan kebahagiaan mereka di sana, tapi juga melihat perjuangan orang tuanya mau berlelah-lelah ke tempat acara untuk nganter dan ndampingin anaknya.

Kelas pertama yang saya ikuti adalah kelas membaca nyaring. Istilah ini diadaptasi dari istilah read aloud yang diambil dari buku berjudul Read Aloud-nya Jim Trelease. Jadi Bu Rosie, yang suka banget sama buku ini dan menggagas buku ini untuk diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, bilang kalau mendongeng itu kan nggak pakai buku, nah read aloud ini pakai buku. Dan ya tentu saja membacanya tetap dengan intonasi yang sesuai dengan ekspresi dan tanda baca. Oh ya, Bu Rosie ini dari Komunitas Reading Bugs yang mengingatkan kerjaan saya untuk mencari bug di aplikasi wkwk dan beliau ini sudah punya cucu. Sungguh by the way aku terinspirasi untuk bagaimana tetap produktif di usia sudah punya cucu.

Buku yang Ibunya bawa menarik-menariiiiik :")) jadi nambah wawasan tentang buku anak dan kuingin mengoleksinya jadinya. Kabar baiknya beliau bilang suka ndapetin di toko buku bekas, tapi di Pasmod BSD *dulu pernah ke sana jaman masih jadi anak tangsel. Nama yang jual Pak Husni kalau nggak salah. Kabar buruknya, nggatau kapan bisa ke sana. Ibunya dapet 1 buku Franklin dengan arga 5000 cobaaa.

Oh ya dari Bu Rosie juga aku tau kalau buku anak itu sebaiknya ditulisnya bukan dengan huruf a ang kayak di font Times New Roman, tapi a yang bulet itu yang gendut dan garisnya di samping kanan.

Mengapa demikiaaaan...salah satu alasannya juga adalah karena membaca dari buku itu akan megenalkan anak pada huruf, meskipun mereka belum bisa membaca. Sebagaimana manusia lebih mudah menangkap sesuatu melalui gambar, begitu pula kata juga kumpulan dari gambar; gambar huruf.
"Anak itu maunya bukan dibacainnya, tapi mau waktu orang tua."
Satu hal yang aku suka juga dari konsep membaca nyaring ini adalah. Membaca nyaring ini cukup 15 menit setiap hari. Dan yang penting itu prosesnya. Jadi kalau misal satu buku dibacainnya tiap 4 halaman terus dilanjut besok ya gakpapa. Anak akan penasaran dan itu memang prosesnya. Juga dengan ngobrol banyak tentang isi buku, detil gambar buku, apapun. Itu prosesnya. Anyway ada lo picture book ang isinya pure emang gambar ajaa tanpa teks. Ehh tapi ya kalau mau baca sebuku juga nggak ada larangan.
"Di otak itu ada bagian limbik yang berhubungan dengan perasaan. Limbik ini punya pintu yang tertutup di usia seitar 6 tahun.  Kalau bagian itu tertutup dengan suara orang tua yang menyenangkan, kelak besar keika ia punya masalah, yang ia cari adalah suara orang tuanya. Dia tidak akan cari kemana-mana lagi." 
-Bu Rosie Setiawan
((quote yang gini-gini nih yang menstimulus pingin jadi fulltime mother kelaak :"))

Oh ya dari sesi kelas ini ada buu yang menarik perhatian: Emillia Belum Mau Tidur dan Coba Lagi Coba Lagi yang diilustrasi oleh Mbak Gina. Ilustrator ini aku sebut karena  ada hubungannyaa nanti di akhir :")

((sapai jumpa di tulisan kedua))

ini slesai sampai sini Senin lalu kayanya, 6/11. Entah kenapa kemarin ga langsung dipos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar